Pengalaman Mengesankan

Ketika melakukan suatu aktivitas, kamu dapat mengungkapkan hal atau pengalaman menarik yang dialami. Cara untuk mengungkapkannya, kamu dapat mencatat terlebih dahulu kejadian menarik tersebut. Selanjutnya, kamu dapat mengungkapkan secara lisan dengan kalimat sendiri. Pengalaman menarik adalah pengalaman yang sangat membekas dalam ingatan. Pengalaman ini sering disebut pengalaman mengesankan. Jenis pengalaman mengesankan, antara lain pengalaman menyedihkan, menggembirakan, mengharukan, menggelikan, menyebalkan, lucu, atau kejadian yang aneh sekalipun.


Kamu telah mempelajari cara menceritakan pengalaman yang paling mengesankan saat mempelajari Pelajaran 1 yang lalu, bukan? Pada pertemuan ini kamu diajak menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk menceritakan pengalaman dan mengungkapkan perasaan. Jenis pengalaman bermacam-macam sehingga untuk mengungkapkannya juga berbagai jenis perasaan sesuai yang dialami. Perasaan itu mungkin senang, sedih, sepi, terharu, marah, bingung, takut, dan cemas. Untuk mengungkapkannya, kamu perlu menggunakan pilihan kata dan kalimat secara tepat.

Aduh, membayangkan itu ngeri juga, ya. Kata aduh pada kalimat tersebut digunakan untuk mengungkapkan perasaan ngeri. Selain itu, kata aduh juga dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan sakit, jengkel, kagum, dan sebagainya. Perhatikan tabel di bawah ini!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: