BERCERITA DENGAN ALAT PERAGA

Pada Pelajaran 2 yang lalu, kamu telah diajak bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gerak, dan mimik yang tepat. Kali ini, kamu akan diajak bercerita dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang dapat kamu gunakan, antara lain boneka, wayang kulit, gambar, dan sebagainya sesuai dengan karakter tokoh yang terdapat dalam cerita. Pada dasarnya, bercerita itu sama dengan menulis cerita. Perbedaannya, bercerita merupakan komunikasi yang dapat berhadapan langsung dengan pendengarnya, sedangkan menulis cerita tidak berhadapan langsung dengan pembacanya, melainkan melalui tulisannya.

Kegiatan bercerita telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia dan sudah mendarah daging dalam masyarakat. Bahkan, para ibu pun bercerita kepada putra-putrinya sebagai pengantar tidur. Semasa kecil dahulu, pernahkah ibumu bercerita saat kamu akan tidur? Biasanya, jenis cerita yang menjadi bahan untuk bercerita adalah dongeng, namun dapat juga bercerita tentang pengalaman kehidupan.

Untuk dapat bercerita dengan baik, hendaknya mengetahui urutan cerita (alur). Alur merupakan salah satu unsur intrinsik dalam cerita. Alur adalah pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebabakibat. Selain itu, kamu juga harus dapat bercerita dengan menggunakan artikulasi yang tepat, jeda, lafal, dan intonasi yang jelas, serta mimik dan ekspresi yang mendukung. Unsur-unsur tersebut telah kamu pelajari saat mempelajari Pelajaran 2, bukan? Ingatlah kembali hal-hal yang berkaitan dengan itu, agar kamu dapat bercerita dengan baik.

Hal-hal yang harus diperhatikan agar cerita menjadi lebih menarik.
1. Melibatkan pendengar saat bercerita.
2. Penyampaian cerita dengan jelas agar pendengar paham isinya.
3. Pendengar dapat mengambil makna dan hikmah dari cerita yang disampaikan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: