Berpidato/ Berceramah/ Berkhotbah

TATA CARA BERPIDATO YANG BAIK DAN BENAR

pidatoContoh Pidato, berpidato memang susah susah gampang pasalnya kita harus berbicara didepan banyak orang, wah ini tentunya harus mempunyai kesiapan yang cukup baik dari segi mental maupun materi yang akan dibicarakan, tentunya kalian tidak akan mau melakuakan kesalahan saat berpidato.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam berpidato saya akan memberikan beberapa Tips dalam berpidato, silahkan disimak.

Tips Berpidato

  1. Jangan berpidato terlalu lama dan berpanjang-panjang, karena akan membuat pendengar merasa bosan. pidato yang baik adalah pidato yang mampu menyesuaikan durasi pidato dengan apa yang sedang di bicarakan.
  2. sebisa mungkin buatlah pidato secara sederhana, jangan terlalu berbelit belit karena pada umumnya pendengar hanya akan memahami beberapa ide dari semua isi pidato anda.
  3. bersikap realistis, hal ini dimaksudkan karena anda di minta untuk berpidato karena anda memiliki pengalaman pengalaman khusus yang tidak dimiliki oleh para pendengar anda, jadi ceritakanlah pengalaman anda dan sebisa mungkin untuk menarik perhatian pendengar.
  4. Menarik Perhatian Pendengar, seperti pada point no 3 hal ini dimaksudkan agar para pendengar tidak jenuh akan pidato anda ada baiknya anda menyisipkan sedikit candaan dalam berpidato.
  5. Rileks. karena para pendengar bisa melihat ketegangan anda dan hal ini justru akan menghilangkan fokus anda dalam berpidato, jadi sebissa mungkin bersikaplah tenang. biarkan saja mengalir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: