Mencermati Teks Kutipan Wawancara

Tahukah kamu yang dimaksud dengan wawancara? Wawancara merupakan bentuk percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara dan orang yang diwawancarai.  Pewawancara adalah orang yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada orang yang diwawancarai. Kegiatan wawancara seringkali dilakukan oleh  seorang wartawan atau reporter suatu media pemberitaan dengan seseorang yang dianggap layak diwawancarai karena keahliannya, untuk suatu kasus, kejadian, dan sebagainya. Orang yang diwawancarai disebut dengan narasumber.
Wawancara dengan seorang narasumber atau seorang tokoh dapat dilakukan untuk mengungkap pendapat atau gagasannya tentang sesuatu hal. Misalnya, tokoh di bidang perfilman seperti pada contoh teks wawancara di atas, tokoh di bidang olahraga, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

Dalam pelaksanaan wawancara, hendaknya bersikap sopan, tertib, dan percaya diri agar wawancara berjalan dengan baik dan lancar. Usahakan menghindari kata-kata dan sikap yang menyinggung atau memberi kesan memojokkan narasumber.

Menurut jenisnya, wawancara dapat dibedakan menjadi tiga macam.

a. Wawancara secara Spontan
Wawancara ini dilakukan secara alamiah dan spontan. Oleh karena itu, hubungan antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai berlangsung secara alami, spontan, dan wajar. Penyampaian pertanyaannya pun harus berjalan sebagaimana dalam percakapan sehari-hari.

b. Wawancara dengan Petunjuk Umum
Wawancara ini menuntut terlebih dahulu pewawancara membuat kerangka atau pokok masalah yang akan ditanyakan dalam proses wawancara.

c. Wawancara dengan Seperangkat Pertanyaan yang Telah Dibakukan
Wawancara jenis ini sudah menetapkan urutan, kata-kata, dan cara penyajian pertanyaannya. Dengan demikian, pihak pewawancara hanya membacakan sejumlah pertanyaan yang telah disiapkan tersebut. Setelah mengamati contoh teks percakapan dan mengetahui pengertian percakapan, lakukan kegiatan berbahasa berikut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: