Mendengarkan Berita

1. Mendengarkan Pembacaan Teks Berita
Kegiatan mendengarkan sering disebut dengan kegiatan menyimak.
Mendengarkan merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang menggunakan indra telinga. Dalam kegiatan menyimak dibutuhkan kemampuan untuk merekam informasi yang disampaikan seseorang. Misalnya, saat mendengarkan sebuah berita, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah menemukan inti sari berita tersebut. Cara yang dapat dilakukan sebagai berikut.
a. Mendengarkan dengan penuh konsentrasi sehingga mampu merekam
penyampaian berita tersebut.
b. Mendengarkan sambil melakukan pencatatan pokok-pokok isi berita.
c. Merekam dengan alat bantu, misalnya foto/kamera, video, tape recorder, dan sebagainya.
Berita adalah informasi seputar peristiwa yang terjadi pada suatu waktu. Jika disampaikan dengan cara dibacakan, baik melalui media televisi, radio, maupun dibacakan oleh teman, berita tersebut merupakan ragam bicara yang diterima informasinya dengan cara didengarkan atau disimak. Ciri-ciri sebuah berita yang baik antara lain menarik perhatian, aktual (terkini),segera, singkat, lugas, dan sederhana.

Masalah-masalah aktual adalah masalah yang menjadi perbincangan hangat orang banyak saat ini. Permasalahan aktual dapat berupa kejadian massal, seperti bencana alam, demonstrasi, tawuran, dan wabah penyakit. Selain itu, dapat pula kejadian yang menimpa seseorang, seperti tragedi akibat kasus tertentu dan kriminalitas. Bentuklah kelompok dalam kelas sesuai kesepakatan teman-temanmu. Tutuplah buku ini dan mintalah teman sekelompokmu membacakan teks di bawah ini. Kamu dan teman lainnya membuat catatan tentang isi teks.

CONTOH

Kantor Camat Porong Diduduki Warga
Kantor Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Jumat, 23 November yang lalu diduduki 200-an warga dari Desa Renokenongo,Porong. Mereka menuntut Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo. Sekitar pukul 08.00 WIB, para pengunjuk rasa sudah menyerbu kantor kecamatan dan langsung mendudukinya. Setelah itu, pintu pagar masuk ke kantor tersebut ditutup. Tidak ada orang lain yang boleh masuk,kecuali polisi.
Menjelang siang, mereka berdialog dengan Camat Porong Mulyadi. Dalam kesempatan itu, warga meminta Mulyadi agar mencopot Machmudatul dari jabatan Lurah Renokenongo. Mendengar tuntutan itu, Mulyadi kemudian mengatakan, penggantian lurah harus atas persetujuan Bupati Sidoarjo WinHendrarso. Oleh karena itu, dia membutuhkan waktu untuk menyam-paikannya kepada Bupati. Ternyata, warga kesal dengan jawaban tersebut.
Sekitar pukul 12.30 Mulyadi kemudian diseret bahkan dipukul oleh beberapa warga Renokenongo itu. Petugas kepolisian yang berupaya mengamankan Mulyadi pun akhirnya terlibat dorong-mendorong dengan mereka. Meskipun demikian, Mulyadi akhirnya berhasil diamankan dan dibawa kembali ke ruang kerjanya oleh polisi. 

Warga berdiam di area Kantor Kecamatan Porong itu hingga pukul 16.00 WIB. Persisnya, setelah Mulyadi membuat surat pernyataan bahwa dirinya akan mengirimkan surat kepada Bupati Sidoarjo untuk meminta penggantian Lurah Porong. Menurut Pianto, salah seorang perwakilan warga, kericuhan terjadi karena mereka bosan berunjuk rasa tanpa hasil. Dia juga mengatakan, bahwa awal bulan ini warga berunjuk rasa ke DPRD Kabupaten Sidoarjo. Namun, jawaban DPRD, bahwa penggantian lurah merupakan tanggung jawab camat. Oleh karena itu, warga kembali mendatangi camat. “Ketika menemui camat, dia malah melimpahkan kembali masalah itu ke Bupati Sidoarjo. Kami jadi terombang-ambing, padahal kami menginginkan lurah segera dicopot karena telah mempersulit penyelesaian ganti rugi korban lumpur dan tidak memperjuangkan korban lumpur Lapindo,” ujarnya.

(Sumber: Kompas, Sabtu, 24 November 2007) 

  1. Pokok berita berita kantor camat porong diduduki warga
    A. Apa :peristiwa kantor porong diduduki warga
    B. Siapa : Mackmudatul Fatchiyah,mulyadi,pengunjuk rasa
    C. kapan : 23 Novemberpukul 08.00 wib
    D. Dimana : camatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
    E. Mengapa : Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo.
    F. Bagaimana : Kantor Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Jumat, 23 November yang lalu diduduki 200-an warga dari Desa Renokenongo,Porong. Mereka menuntut Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo, Menjelang siang, mereka berdialog dengan Camat Porong Mulyadi. Dalam kesempatan itu, warga meminta Mulyadi agar mencopot Machmudatul dari jabatan Lurah Renokenongo. Mendengar tuntutan itu, Mulyadi kemudian mengatakan, penggantian lurah harus atas persetujuan Bupati Sidoarjo WinHendrarso. Oleh karena itu, dia membutuhkan waktu untuk menyam-paikannya kepada Bupati. Ternyata, warga kesal dengan jawaban tersebut

  2. TUGAS

    1. Pokok-Pokok Berita “Kantor Camat Porong Di Duduki Warga”
    Apa =Peristiwa “Kantor Camat Porong Yang Diduduki Warga”
    Siapa =Camat Mulyadi,Ketua DPRD Dan Warga
    Kapan =23 November Pukul 08.00 WIB
    Dimana =Di Kantor “Kecamatan Porong”
    Mengapa =karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo
    Bagaimana = Kantor Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Jumat, 23 November yang lalu diduduki 200-an warga dari Desa Renokenongo,Porong. Sekitar pukul 08.00 WIB, para pengunjuk rasa sudah menyerbu kantor kecamatan dan langsung mendudukinya.Pukul 12.30 Mulyadi kemudian diseret bahkan dipukul oleh beberapa warga Renokenongo itu.Warga berdiam di area Kantor Kecamatan Porong itu hingga pukul 16.00 WIB. Oleh karena itu, warga kembali mendatangi camat. “Ketika menemui camat, dia malah melimpahkan kembali masalah itu ke Bupati Sidoarjo. 

  3. Muhammad Reza Adiputera Ananta

    1. Pokok-pokok berita “Kantor Camat Porong Diduduki Warga”
    a. Apa
    Peristiwa yang terjadi di Kantor Camat Porong ?
    Warga korban Lumpur Lapindo berdemo di Kantor Camat Porong.

    b. Dimana
    Peristiwa itu terjadi?
    Di kantor Camat Porong.

    c. Kapan
    Peristiwa itu terjadi?
    Pada tanggal 23 November.

    d. Siapa
    Saja yang terlibat dalam berita itu?
    Lurah Renokenongo Mackmudatul Fatchiyah, Camat Porong Mulyadi, Bupati Siduarjo Win Hendrarso, Warga korban Lumpur Lapindo, Anggota DPRD, dan Perwakilan Warga Pianto.

    e. Mengapa
    Peristiwa itu bisa terjadi?
    Karena Lurah Renokenongo, Mackmudatul Fatchiyah tidak dapat memperjuangkan ganti rugi bagi para korban Lumpur Lapindo.

    f. Bagaimana
    Situasi ketika Pak Camat memberikan jawaban kepada para warga?
    Situasi menjadi ricuh. Warga menyeret dan memukuli Pak Camat Tersebut. Karena berusaha melindungi Pak Camat, terjadi dorong-mendorong antara polisi dengan warga karena warga kesal dengan jawaban Pak Camat.

    2. Tulislah sebuah berita tentang kejadian yang ada di sekitarmu.
    Nilai tukar Dollar AS terhadap Rupiah terus melemah. Bahkan, di bank pun sudah mencapai Rp 11.200,00 per Dollar. Sementara itu, di tempat Money Charger telah mencapai angka Rp 11.500,00 per Dollar. Ris Haryanto, Branch Manager salah satu Perusahaan Money Charger ternama, bilang “Rupiah kemarin naik lebih signifikan dari 2 hari yang lalu” ujar Ris.
    Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar bendampak buruk bagi masyarakat. Misalnya, terhadap bahan makanan yang merupakan barang impor dari luar negeri menjadi lebih mahal.

  4. 1. Pokok pokok berita”kantor camat porong diduduki warga”
    Apa
    Peristiwa kantor camat porong yg diduduki warga

    Kapan
    Jumat, 23 November

    Dimana
    desa Renokenongo,Porong.

    Siapa
    200-an warga dan bapak camat

    Mengapa
    Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo.

    Bagaimana
    Kantor Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Jumat, 23 November yang lalu diduduki 200-an warga dari Desa Renokenongo,Porong.Mereka menuntut Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo Sekitar pukul 12.30 Mulyadi kemudian diseret bahkan dipukul oleh beberapa warga Renokenongo itu. Petugas kepolisian yang berupaya mengamankan Mulyadi pun akhirnya terlibat dorong-mendorong dengan mereka.dan selanjutnya warga meminta Mulyadi agar mencopot Machmudatul dari jabatan Lurah Renokenongo. Mendengar tuntutan itu, Mulyadi kemudian mengatakan, penggantian lurah harus atas persetujuan Bupati Sidoarjo WinHendrarso. Oleh karena itu, dia membutuhkan waktu untuk menyam-paikannya kepada Bupati.

  5. Wahyu Satrio Nugroho

    Pokok-pokok berita kantor camat corong diduduki warga
    a. apa : Apa yang membuat kericuhan terjadi?
    b. kapan : Kapan para pengunjuk rasa menyerbu kantor kecamatan dan langsung mendudukinya ?
    c. dimana: Dimana Kantor Kecamatan Porong itu berada ?
    d. siapa : Siapakah yang dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo tersebut ?
    e.mengapa : Mengapa warga menuntut Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya ?
    f. bagaimana : Bagaimana kondisi Mulyadi setelah terjadi keributan ?

  6. 1.pokok-pokok berita “kantor camat porong diduduki warga”
    • apa
     pristiwa kantor camat porong yang diduduki warga.
    • siapa
     200 warga dan bapak camat.
    • kapan
     juma’t 23 november 2013.
    • dimana
     kantor kecamatan porong,kabupaten sidoarjo,jawa timur.
    • mengapa
     karena mereka menuntut Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo.
    • Bagaimana
     para pengunjuk rasa sudah menyerbu kantor kecamatan dan langsung mendudukinya. Setelah itu, pintu pagar masuk ke kantor tersebut ditutup. Tidak ada orang lain yang boleh masuk,kecuali polisi.

  7. 1.Pokok-pokok berita “Kantor Camat Porong Di Duduki Warga
    A. Apa : Peristiwa kantor camat porong diduduki warga
    B. Siapa :Mackmudatul fatchiyah,mulyadi,pengunjuk rasa
    C. Dimana :kecamatan porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
    D. Mengapa : Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo.
    E. Bagaimana : Kantor Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Jumat, 23 November yang lalu diduduki 200-an warga dari Desa Renokenongo,Porong. Mereka menuntut Mackmudatul Fatchiyah, yang saat ini menjadi pejabat sementara Lurah Renokenongo, dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak mampu memperjuangkan ganti rugi bagi para korban lumpur Lapindo. Sekitar pukul 08.00 WIB, para pengunjuk rasa sudah menyerbu kantor kecamatan dan langsung mendudukinya. Setelah itu, pintu pagar masuk ke kantor tersebut ditutup. Tidak ada orang lain yang boleh masuk,kecuali polisi.
    Menjelang siang, mereka berdialog dengan Camat Porong Mulyadi. Dalam kesempatan itu, warga meminta Mulyadi agar mencopot Machmudatul dari jabatan Lurah Renokenongo. Mendengar tuntutan itu, Mulyadi kemudian mengatakan, penggantian lurah harus atas persetujuan Bupati Sidoarjo WinHendrarso. Oleh karena itu, dia membutuhkan waktu untuk menyam-paikannya kepada Bupati. Ternyata, warga kesal dengan jawaban tersebut.
    F.Kapan : hari Jumat, 23 November,pukul 08.00 WIB

  8. 2.masalah yg ada di sekitarku adalah,kalo ada pergantian pelajar pada main leptop tapi,pada main fb kalo tidat twitter jadi kacau kelasnya

  9. Pokok pokok berita” kantor camat porong diduduki warga?
    apa
    Peristiwa kantor camat porong yg diduduki warga
    Kapan
    23 november
    dimana
    Di kantor camat
    berapa
    200an warga
    Mengapa
    Tidak mampu mempertahankan ganti rugi lumpur lapindo
    Bagaimana
    Cukup ramai dan rusuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: