Menuliskan Kembali dengan Kalimat Sendiri Cerpen yang Dibaca

Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh setelah membaca cerpen. Kamu dapat menangkap kehidupan yang dialami tokoh dalam cerita dan ikut merasakannya sehingga dapat dijadikan pengalaman hidup yang berarti. Jika kamu akan meningkatkan kemampuan menulis, kamu dapat berlatih menuliskan kembali isi cerpen yang telah kamu baca dengan kalimat sendiri.

1. Membaca Cerpen dengan Saksama

Bacalah cerpen berikut dengan saksama! Kemudian kerjakan pelatihan yang menyertainya!

CERPEN KLIK DISISNI

2. Menuliskan Kembali Isi Cerpen dengan Kalimat Sendiri

Menceritakan kembali isi cerpen dengan kalimat saendiri merupakan langkah awal untuk berlatih menulis kreatif. Ada beberapa hal yang perku kamu perhatikan dalam menuliskan kembali isi cerpen yang dibaca, di antaranya adalah (1) pencerita (kamu) berposisi sebagai orang ketiga, (2) cerita tersebut sesuai dengan isi cerpen jangan menambah dengan idemu sendiri, (3) cerita sesuai dengan alur/urutan peristiwa cerpen yang kamu baca, dan (4) kalimat hendaknya yang runtut dan mudah dipahami oleh orang lain.Perhatikan contoh berikut.

Imung seorang anak berbadan kurus dan korengan. Ia bersahabat dengan Pak Jayus, sopir seorang kolonel polisi bernama Suyatman. Pak Jayus juga seorang ketua RT yang aktif membimbing remaja. Melalui persahabatan dengan Pak Jayus, Imung memperlihatkan kecerdasannya dan dapat berperan di lingkungan kepolisian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: